Selasa, 13 Desember 2011

Tips Sehat untuk MABA

Mahasiswa baru merupakan saat-saat peralihan antara siswa SMA yang menjadi seorang mahasiswa. Kehidupan seorang siswa yang terbiasa jadwalnya teratur pasti sangat kaget dengan kehidupan seorang mahasiswa yang penuh dengan kegiatan. Apalagi mahasiswa baru juga harus mengikuti proses pengkaderan dan dihadapkan dengan tugas-tugas yang penuh dengan deadline. Okelah bagaimanapun semua itu cukup mengguras tenaga dan waktu kita. Secara tidak sadar hal ini akan berimbas pada peforma dan kesehatan tubuh kita. Nah, ini ada sedikit tips agar kita tetap sehat ditengah-tengah  kesibukan kita :

1.      Jangan menunda makan

Makanan adalah sumber energi bagi tubuh kita, jadi usahakan walaupun ditengah kesibukan kita yang padat jangan pernah menunda makan kita, apalagi dengan alasan diet. Guys, diet itu bukan berarti kita tidak makan, tapi hanya merubah komposisi asupan makan kita. Jadi tetap jaga asupan makanan kita dan usahakan dengan sesuatu yang bergizi alias empat sehat lima sempurna.


2.      Atur jam tidurmu

Memang mahasiswa memiliki banyak tugas yang terkadang sampai menyita waktu tidur kita, akan tetapi tidur yang kurang juga akan mempengaruhi kesehatan kita. Jadi usahakan untuk tidur yang cukup.

3.      Ringankan Tasmu
Menurut studi American College Health Association, 54 persen mahasiswa mengeluh sakit punggung. Hal tersebut disebabkan oleh beban berat yang kerap disandang punggung.
Efeknya tidak hanya sakit punggung, melainkan, kondisi tulang punggung yang memapat, sampai dengan pembengkokkan tulang.

Jadi, sebijak mungkin atur lah bawaanmu yang akan dibawa ke kampus, jangan semua barang kamu bawa, bawalah barang seperlunya.

4.      Jangan Sembarangan Mengonsumsi obat
Jangan biasakan sedikit-sedikit minum obat, apalagi obat yang bukan resep dari dokter alias obat warungan. Karena terlalu sering meminum obat terkadang membuat virus penyakit itu bisa kebal. Sedangkan apabila kita sembarang mengkonsumsi obat, kita tidak akan tahu efeksamping ataupun alergi obat yang kita miliki dan terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan.
Ganti dengan istirahat yang cukup atau pijat di dukun pijat agar peredaran darah kita lancar.

Nah, itu tadi sedikit tips dari saya, semoga bermanfaat!!

2 komentar: