Kamis, 08 Desember 2011

'THE KING'S SPEECH', Si Gagap yang Menjadi Raja


Bagaimana apabila ada seorang raja yang tidak bisa berpidato didepan rakyatnya dikarenakan gagap?? Aneh bukan, tetapi hal ini pernah terjadi di negara Inggris. Hal kecil yang ternyata memiliki pengaruh besar dalam hidup banyak orang. “The King’s Speech” adalah sebuah film yang diangkat dari sebuah kisah nyata Raja george VI Inggris yang gagap dan tidak bisa berpidato didepan umum.
Prince Albert (Colin Firth) memang tak pernah berharap menjadi raja Inggris. Ia tahu benar keterbatasan yang ia miliki. Tak mungkin ia memimpin sebuah negara sebesar Inggris sementara berbicara di depan umum saja sudah jadi perjuangan berat buatnya. Celakanya takdir berkata lain dan Albert harus segera naik tahta.
Sang istri Elizaberth (Helena Bonham Carter) yang perihatin terhadap nasib yang ditimpa oleh suaminya itu pergi menemui Lionel Logue (Geoffrey Rush) yang ternyata ahli dalam terapi bicara. Prince Albert lantas mencoba mengikuti terapi dari Lionel Logue yang mempunyai metode yang aneh namun nyatanya metode ini berhasil menyembuhkan Prince Albert dari gagapnya.
Membuat Film yang berlatarkan keluarga istana yang begus memang tak pernah mudah. Bagaimana tidak, mencari tahu karakter dan kondisi psikologis dari sosok mereka memang tak semudah yang dibayangkan orang. Ada batas yang tak mungkin ditembus dan karena itu pula rasanya Colin Firth layak mendapat dua jempol atas aktingnya sebagai King George VI.  Selain itu, film historikal biasanya dianggap sebagai film yang membosankan, namun film ini berhasil dibawakan dengan segar dan tidak membosankan.
Cerita ini terasa sangat singkat, padahal jarang sekali film drama yang padat dengan dialog terasa cepat berlalu, padahal durasi film ini tergolong cukup lama. Penampilan Colin Firth sebagai Albert memang sangat bagus, bicara gagapnya sangat terasa nyata dan berkesan tidak di buat-buat. Ekspresi emosi yang sering meledak-ledak juga sering bermunculan di dalam film ini. film yang menjadikan sebuah ekspresi sebagai dialog kuat yang membuat penonton tercengang-cengang. Jadi pantas lah jika film ini banyak masuk nominasi Oscar.
Jika anda belum menonton film ini maka saya menyarankan anda untuk menontonya. Pelajaran yang dimiliki oleh film ini sangat banyak. Menampilkan sifat pantang menyerah dengan tekat yang berawal dari sebuah kewajiban yang menjadikan dirinya sebuah tanggungjawab besar yang patut di contoh oleh para pejabat di Negri ini. sifat bertanggungjawab seperti ini memang sangat di perlukan, sehingga dalam bekerja mengabdikan diri dengan rakyat menjadi sungguh-sungguh. Semoga bisa menghibur dalam kelucuan film ini dan membuat kita berpikir panjang tentang arti sebuah perjaungan dan tanggungjawab.

2 komentar:

  1. bagus kayak e itu yun... mau lihat donk film e...

    BalasHapus
  2. iya akku juga pengen liat film.e... dapat banyak penghargaan lho film ini...

    BalasHapus