Kamis, 22 Desember 2011

Pengkaderan, momok Mahasiswa Baru ITS


Salah satu fakta bahwa hal yang pertama kali ditanyakan oleh MABA ITS kepada senior dekatnya adalah tentang OSPEK alias Pengkaderan. Memang benar ITS terkenal dengan pengkaderannya yang lama, tidak seperti universitas lain yang hanya sekitar satu atau dua minggu. Berbagai rumor pun merebak tentang bagaimana menyeramkanya pengkaderan di ITS ini, menambah rasa takut maba tentang pengkaderan. Beberapa tahun yang lalu sebenarnya sempat dikeluarkannya SK Rektor ITS tentang pelarangan pengkaderan namun banyak yang menentang SK ini. Salah satunya adalah BEM ITS. Mereka menentang adanya SK rektor tentang pelarangan pengkaderan karena mereka menganggap bahwa  pengkaderan bertujuan untuk mencetak kader-kader yang akan meneruskan organisasi-organisasi yang ada di ITS. 

Sebenarnya, pengkaderan itu ^sah-sah saja^. Namun semuanya juga harus sesuai dengan esensi pengkaderan itu sendiri. Jangan asal marah-marah atau seenaknya menyuruh maba untuk melakukan sesuatu tanpa ada artinya dan hanya untuk aksi balas dendam mala saja yang dilampiaskan pada maba saja. Selain itu pengkaderan juga harus mematuhi aturan-aturan tertentu seperti tanpa kekerasan dan memperhatikan jam malam juga. Perlu digaris bawahi tentang jam malam, seharusnya pengkaderan itu tidak dilakukan di malam hari. Karena tidak semua mahasiswa tinggal ataupun nge-kos didaerah sekitar ITS, jadi menurut saya cukup berbahaya apabila ada kegiatan yang mengharuskan pulang larut malam. Nanti kalau terjadi apa-apa siapa yang mau tanggung jawab??

Kalau menurut pendapat saya pribadi, pengkaderan itu seharusnya jangan hanya penuh dengan "pressingan-presingan" saja. Karena pengkaderan dengan presingan tidak akan membuat goal dari pengkaderan itu bisa tercapai, maba akan mengikuti pengkaderan dengan terpaksa dan tidak mengerti esensi pengkaderan itu atau bahkan bisa membuat maba itu sendiri ogah untuk ikut pengkaderan.

Nah, akhir kata dari saya semoga pengkaderan ITS kedepannya bisa lebih berkualitas dan menyenangkan untuk semuanya.

11 komentar:

  1. wah gambar punya kita sama tuh, topiknya juga sama wkwk .___.

    BalasHapus
  2. prasaan ini topik paling populer diantara anak SI,
    tapi gag ada yang berani langsung frontal.
    hanya bersembunyi dibalik sisi "pro"

    BalasHapus
  3. mau pro kok ya kontra.. mau kontra tapi juga pro.. bingung

    BalasHapus
  4. Momok kayak vokalisnya Geisha aja ya ckckckck ... :b

    BalasHapus
  5. Ayu : lek akku iki brati Pro opo kontra??

    haha

    BalasHapus
  6. Sidah : iku jenenge momo mbak :2
    ya... ampyunn

    BalasHapus
  7. kalo tau esensinya, pasti bukan jadi momok lagi..
    *jadi mimik..haha*

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. sari : ok

    firzha : iya... smangatt

    BalasHapus