Senin, 21 November 2011

Sekolah Kandang Sapi Indonesia

Sudah 66 tahun negara kita ini merdeka, tetapi tidak sepenuhnya kita merdeka, masih banyak masalah yang menimpa bangsa kita, mulai dari kemiskinan, pelanggaran HAM bahkan korupsi yang dari orde lama, orde baru, bahkan sampai sekarang pun belum juga terselesaikan.

plakat sekolah yang seadanya
Lihat saja potret pendidikan indonesia saat ini, pendidikan masih sebuah barang mahal bagi sebagian warga negara.
Mulai dari biaya masuk, biaya buku dan biaya lainnya. Semuanya terasa memberatkan bagi orang yang tidak mampu. Contohnya saja anak jalanan, jalankan untuk sekolah, untuk makan pun mereka harus berjuang keras untuk mendapatkannya. Walaupun mereka sudah masuk sekolah pun, masih banyak masalah yang menghadang mereka. Baik harga seragam yang mahal, harga buku yang mahal, dan iuran-iuran lainnya.


Atap sekolah yang sudah bolong-bolong
Belum lagi sekolah yang rusak sana-sini, bocor pada saat hujan dan menunggu hari untuk roboh. Salah satunya contohnya adalah sebuah Sekolahan yang merupakan Filial dari SDN 016 Sabintulung kecamatan Muara Kaman.Kecil, terlihat Lusuh, temboknya yang seadanya bahkan ada atapnya yang berlubang. Sangat tidak layak untuk dijadikan sebagai tempat menuntut ilmu, bahkan lebih mirip dengan KANDANG SAPI. Miris memang, bayangkan saja bagaimana kalau hari sedang hujan, mereka tidak akan bisa melanjutkan kegiatan belajar mereka karena keadaan yang bocor. Ataupun kalau hari sedang panas terik, mereka tidak akan bisa belajar dengan baik karena kepanasan. Kalau seperti ini, mau jadi apa generasi penerus kita besok????

Sebenarnya pemerintah tidak tinggal diam melihat hal ini. Berbagai program dan dana pun coba digulirkan. Pada tahun 2011 ini saja, APBN negara yang dialokasikan untuk pendidikan sebesar 279 Triliun. Namun, tanpa pengawasan, banyak program malah jadi lahan KKN baru bagi pelaksananya.

Oleh karena itu, mari kita semua memperbaiki diri. Mengingat pendidikan merupakan pondasi penting untuk generasi penerus kita, maka kita harus meningkatkan mutu pendidikan di negara kita. Apabila ada suatu praktek kecurangan, hendaknya kita bisa melaporkan pada pihak yang berwenang. Dan pemerintah juga harus menindak secara tegas penyelewengan yang ada.

2 komentar: