Sabtu, 26 November 2011

Ketrampilan Interpersonale, matkul nyentrik SI ITS

Apa yang Anda pikirkan apabila Anda melihat foto dibawah ini???



Biasa saja??? Tapi bagaimana kalau kejadian di foto itu terjadi di Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi ITS.
Mungkin Anda sedikit merasa aneh karena yang Anda tahu bahwa seharusnya Jurusan Sistem Informasi itu mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan komputer dan teman-temannya. Tapi memang inilah kenyataanya, inilah yang kita lakukan setidaknya seminggu sekali.
Foto diatas adalah salah satu kegiatan di minggu ke 11 dan ke 12 matakuliah Ketrampilan Interpersonale yaitu membuat drama musikal bertemakan fabel dan cerita rakyat Indonesia. Mata kuliah ini diadakan di SI dilatarbelakangi oleh anggapan orang-orang bahwa anak jebolan SI itu dalam dunia kerja cenderung individualis dan lain sebagainya. Lha dengan adanya mata kuliah ini, kita bisa dilatih meningkatkan softskill kita seperti kemampuan bekerjasama dalam tim, berani tampil didepan umum, etika berbicara didepan orang banyak dan lain sebagainya.

Setiap minggunya kita kuliah outdoor dan diberikan beberapa permainan.  Salah satu permainan yang diberikan adalah “ICE BREAK”. Dalam permainan itu apabila kita kalah, kita akan diberikan hukuman yang biasanya disebut dengan istilah “hadiah” yaitu maju keatas panggung dan melakukan sesuatu sesuai yang diinstruksikan seperti menyanyi, joget, lipsing, ngombal dan lain sebagainya.


Walaupun memang kuliah kita diluar dan kegiatannya bermain game bukan berarti kita hanya bersenang-senang. Ada refleksi yang bisa kita ambil dalam setiap gamenya. Oleh karena itu kita harus membuat sebuah template yang berisi tentang permainan itu seperti hal-hal yang kita sukai, pembelajaran, quote, kejadian terbaik dll. Seperti ini



Diharapkan dengan adanya matkul ini, kita tidak hanya kaya akan hardskill tetapi juga softskill.

2 komentar:

  1. kok Mirip sekolah artis ya?

    tpi klhatanya seru tuh :c

    BalasHapus
  2. Firzha : bener bgt.... ini akku artisnya.. hahahah

    BalasHapus