Rabu, 09 November 2011

Resensi : OPERA KALI GAWE

Nama buku          : Opera Kali Gawe

Penulis                  : Y. Benny Indra

Penerbit                : Castle Book

Tahun Terbit        : 2008

Tebal                     : 216 Halaman
 

                 Opera Kali Gawe adalah buku fiksi pertama Y. Benny Indra. Buku ini menceritakan tentang kehidupan mahasiswa fakultas kedokteran Universitas di Semarang yang dekat dengan hal-hal yang berbau gila. Dia bernama Sibeng. Layaknya mahasiswa baru, dia harus mengikuti OSPEK. Acara ini dikenal menegangkan. Namun, hal itu tidak menyiutkan nyali Sibeng. Malahan, tidak jarang suasana adem ayem menjadi heboh karena aksinya. Selain cerita sekitar kuliahnya, Opera Kali Gawe juga berisi delapan kisah kocak lainnya. Namun, tetap berhubungan dengan Sibeng tentunya.
 
                  Keunggulan buku ini terletak pada ide ceritanya yang unik yaitu mengangkat cerita tentang kehidupan mahasiswa kedokteran yang berbeda daripada yang lainnya. Setting tempatnya pun cukup berbeda yaitu di Semarang bukan di Jakarta seperti kebanyakannya.
 
                  Buku ini memiliki kelemahan pada gaya bahasanya. Untuk pembaca kalangan muda, buku ini menggunakan bahasa yang terlalu tua. Humor yang disajikan pun terkesan garing dan dewasa karena humor yang biasa dipakai oleh anak kuliahan.
 
                  Opera Kali Gawe merupakan Buku yang menceritakan tentang kehidupan Sibeng yang kocak. Walaupun dia menghadapi berbagai tantangan dalam hidup, dia menghadapinya dengan santai. Cerita ini ditulis dengan bahasa yang halus tapi tetap menghibur, apalagi banyaknya plesetan serta teka-teki yang menghiasi setiap bab.

3 komentar: