Minggu, 03 Juni 2012

Why Information System??

Tahun ke tiga SMA adalah tahun galau-galaunya anak SMA, WHY?? Karena pada saat itulah mereka harus memutuskan jurusan mana yang akan mereka pilih untuk meneruskan Study mereka. Mungkin bagi yang sudah diterima lewat jalur PMDK ataupun lebih memilih untuk langsung kerja saja tentulah tidak mengalami kerepotan. Berbeda dengan mereka yang lebih memilih untuk ikut ujian semisal SNMPTN. 
Ada banyak sekali jurusan yang menjadi favorit bagi calon mahasiswa, seperti Kedokteran, Akutansi, Menejemen, Tehnik Informatika dan lain sebagainya. Tapi kalau boleh menyarankan, menurut saya pilih Jurusan Sistem Informasi.
Why Information System??

Nah, sebelum itu mari kita samakan presepsi terlebih dahulu tentang pengertian Sistem Informasi, menurut sumber yang saya dapatkan (www.spmblover.com) ada beberapa pengertian Sistem Informasi, seperti berikut:
  • Sistem informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data.
  • Sistem Informasi adalah sekumpulan hardware, software, brainware, prosedur dan atau aturan yang diorganisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat guna memecahkan masalah dan pengambilan keputusan
  • Sistem Informasi adalah satu Kesatuan data olahan yang terintegrasi dan saling melengkapi yang menghasilkan output baik dalam bentuk gambar, suara maupun tulisan.
  • Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu. Dalam sistem informasi diperlukannya klasifikasi alur informasi, hal ini disebabkan keanekaragaman kebutuhan akan suatu informasi oleh pengguna informasi. Kriteria dari sistem informasi antara lain, fleksibel, efektif dan efisien.
  • Sistem informasi adalah kumpulan antara sub-sub sistem yang saling berhubungan yang membentuk suatu komponen yang didalamnya mencakup input-proses-output yang berhubungan dengan pengolaan informasi (data yang telah dioleh sehingga lebih berguna bagi user)
  • Suatu sistem informasi (SI) atau information system (IS) merupakan aransemen dari orang, data, proses-proses, dan antar-muka yang berinteraksi mendukung dan memperbaiki beberapa operasi sehari-hari dalam suatu bisnis termasuk mendukung memecahkan soal dan kebutuhan pembuat-keputusan manejemen dan para pengguna.
Jadi bisa kita katakan bahwa Sistem Informasi adalah Jurusan yang mempelajari tentang penerapan Teknologi untuk keperluan bisnis maupun mananjemen. Jadi Sistem Informasi Tidak terlalu mengarah pada pembuatan komputer atau pun lainnya, akan tetapi bagaimana cara mengolah teknologi yang ada menjadi sebuah sistem yang meningkatkan suatu efektivitas maupun efisienitas (They make IT, we make profit from it). Sehingga dengan adanya sistem informasi sesuatu yang biasanya dilakukan dengan manual akan menghabiskan biaya yang mahal dan waktu yang lama akan menjadi lebih cepat dan murah.
Why Information System??
Anda tipe orang yang tidak suka diatur, tidak suka dengan jam kerja yang mengikat?? Nah, Lulusan Sistem Informasi mempunyai kemungkinan yang besar untuk bisa melakukan ini. Banyak sekali lapangan pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh Lulusan Jurusan Sistem Informasi tanpa harus menghadirkannya didalam suatu ruang kantor kerja, contohnya pada www.freelancer.com. Lulusan Jurusan Sistem Informasi bisa bekerja pada jam yang mereka mau, tanpa harus takut kehilangan waktu dengan keluarganya.
Why Information System??
Siapa yang tidak ingin hidup dengan nyaman, gaji besar, dan hidup tercukupi ? Lulusan Jurusan Sistem Informasi profesional di Amerika mendapatkan gaji $55000 / tahunnya.

Why Information System??
Sistem Informasi memberikan peluang luas terhadap dunia nyata dan bisnis, prospeknya bagus, perannya sangat strategis dan terus meningkat, pasarnya ada, dari segi keilmuan juga bagus karena menitik beratkan pada aplikasi Teknologi Infomasi untuk membantu masyarakat dan organisasi/perusahaan mencapai sasarannya. 


Nah supaya lebih mengenal seperti apa jurusan Sistem Informasi, Nih sedikit cerita saya selama setahun ini kuliah di Jurusan Sistem Informasi ITS

 Jadi ada matakuliah Sistem Fungsional Bisnis yang mengajarkan kita bagaimana membuat suatu perusahaan dan bagaimana cara perusahaan tersebut bisa membuat untung yang banyak namun hanya mengeluarkan cost yang sedikit.
.Matakuliah Sistem Fungsional Bisnis
Selanjutnya ada juga matakuliah ALPRO (algoritma dan Pemograman) yang mengajarkan kita bagaimana cara membuat suatu Program. Matdis (Matematika Distrik) yang lebih menjurus pada logika kita. Matakuliah Manajemen dan Organisasi yang mengajarkan kita tentang mengelola suatu Organisasi dan apa saja yang ada pada suatu organisasi. Ada juga ketrampilan Interpersonale (KI) yang mengajarkan kita tentang softskill menjadi seorang pemimpin, bagaimana berbicara yang baik di depan umum dan softskill-softskill lainnya yang dibungkus dengan sebuah games-games seru, so ngak hanya anak TK kan yang bisa bermain plus belajar??
Ketrampilan Interpersonale



Selanjutnya juga masih banyak matakuliah-matakuliah lainnya seperti PSI (Pengantar Sistem Informasi), SISOP ( Sistem Operasi), Statistika dan lain-lain. Jadi Jangan ragu deh buat milih Sistem Informasi sebagai jurusan kuliah kalian. ^^

0 komentar:

:1 :2 :3 :4 :5 :6 :7 :8 :9 :a :b :c

Posting Komentar